Banyak pendapat tentang definisi dari kata “kumputer”, yang nantinya
berkembang pada definisi tentang sistem komputer, ilmu komputer, dan
teknologi Informasi.
► Istilah dari komputer itu sendiri berasal
dari bahasa latin computare yang mengandung arti “menghitung” (to
compute atau reckon).
DIPANDANG DARI SISI BAHASA :
►
Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata komputer
terdapat ke dalam penggunaan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646
sebagai kata bagi "orang yang menghitung", kemudian menjelang 1897 juga
didefinisikan untuk mesin yang bisa menghitung.
► Dalam bahasa
Perancis kata komputer, disebut sebagai istilah "ordinateur", yang
berarti kira-kira "organisator", atau "memisahkan mesin".
► Di Spanyol disebut "ordenador", dengan arti sama, walaupun di beberapa negara digunakan kata anglicism computadora.
►
Dalam bahasa Itali, komputer ialah "calcolatore", kalkulator,
menekankannya computasional menggunakan di balik yang logis seperti
penyortiran.
► Dalam bahasa Swedia, komputer dipanggil "dator"
dari "data", yang pada era tahun 1950-an, diberinama "matematikmaskin"
(mesin matematika)
.
► Dalam Bahasa Cina, komputer dipanggil "dian now" atau suatu "otak listrik".
Oxford
English Dictionary (OED2), edisi ke 2, mendefinisaikan Komputer adalah
suatu perangkat yang digunakan untuk perhitungan atau mengendalikan
operasi-operasi yang dinyatakan dalam bentuk numeriK atau logika.
PANDANGAN DARI PARA AHLI :
►
Menurut V.C. Hamacher dalam bukunya “Computer Organization” , komputer
adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima
informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program
yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
►
Menurut Robert H. Blissmer (1985), dalam bukunya “Computer Annual”,
komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas
sebagai berikut:
- menerima input
- memproses input tadi sesuai dengan programnya
- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
- menyediakan output dalam bentuk informasi.
►
Sedangan William M. Fuori dalam bukunya “Introduction To The Computer,
The Tool Of Business”, berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses
data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk
perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari
manusia.
► Menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem
elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang
dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data
input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan
instruksi-isntruksi yang telah tersimpan dalam memori.
► Dari definisi diatas, maka dapat ditarik kesimpulan:
►
Komputer adalah seperangkat elektronik yang dapat menerima masukan
(input), dan selanjutnya melakukan pengolahan (process) untuk
menghasilkan keluaran (output) berupa informasi.
► Sistem
komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen komputer (Hardware,
software, brainware) yang salin berhubungan (terintegrasi) dan saling
berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan
informasi sesuai dengan yang diharapkan.
Gambaran Sistem Komputer
►
Hal lain yang berhubungan dengan istilah komputer adalah Teknologi
Informasi (TI), namun sudah menjadi definisi umum bahwa istilah
teknologi informasi identik dengan komputer.
► Pada intinya
istilah Teknologi Informasi (Information Technology /IT) adalah
teknologi yang memanfaatkan komputer sebagai perangkat utama untuk
mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat.
► Pengolahan
data dengan komputer tersebut juga dikenal dengan istilah Pengolahan
data Elektronik (PDE) / Electronic Data Processing (EDP), yang
didefinisikan sebagai proses manipulasi data ke dalam bentuk yang lebih
berguna berupa informasi dengan menggunakan komputer.
Ilmu Komputer
► CSAB
(Computing Sciences Accreditation Board, http://www.csab.org)
mendefinisikan Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan
dengan komputer dan komputasi. Di dalamnya terdapat teoritika,
eksperimen, dan pendesainan komponen, serta termasuk didalamnya hal-hal
yang berhubungan dengan:
Teori-teori untuk memahami komputer device, program, dan sistem
Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep
Metodologi desain, algoritma, dan tool untuk merealisasikannya
Metode analisa untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah sesuai dengan requirement yang
►
Peter J. Denning mendefinisikan Ilmu Komputer adalah studi sistematik
tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan mentrasformasikan
informasi, baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisa, desain,
efisiensi, implementasi, ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya.
Dennings juga mengklasifikasi bidang ilmu komputer yang terbagi dalam 12
subbidang (versi sebelumnya adalah 9 subbidang), yaitu :
Algoritma dan Struktur Data (Algorithms and Data Structures)
Arsitektur (Architecture)
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Artificial Intelligence dan Robotik (Artificial Intelligence and Robotics)
Interaksi manusia dan Komputer (Human Computer Interaction)
Organisasi Informatika (Organizational Informatics)
Bahasa Pemrograman (Programming Languages)
Sistem Operasi dan Jaringan (Operating Systems and Networks)
Database dan Sistim Retrieval Informasi (Database and Information Retrieval Systems)
Grafika Komputer (Computer graphics)
Ilmu Komputasi (Computational Sciences)
BioInformatik (BioInformatics)
Keterkaitan Bidang Ilmu Komputer
Ilmu komputer berkaitan erat dengan beberapa bidang seperti :
►
Ilmu Informasi adalah ilmu yang mempelajari data dan informasi,
mencakup bagaimana menginterpretasi, menganalisa, menyimpan, dan
mengambil kembali. Ilmu informasi dimulai sebagai dasar dari analisa
komunikasi dan basis data.
► Rekayasa Perangkat Lunak menekankan
analisa, desain, dan konstruksi dari perangkat lunak menggunakan
alat-alat dan cara kerja yang baru.
► Sistem Informasi adalah
aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi:
operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data.
Sistem Informasi Manajemen adalah kunci dari bidang yang menekankan
finansial dan personal manajemen.
► Rekayasa Komputer adalah ilmu yang mempelajari analisa, desain, dan konstruksi dari perangkat keras komputer.
Keamanan Informasi adalah ilmu yang mempelajari analisa dan implementasi dari keamanan sistem informasi (termasuk kriptografi).
MANFAAT KOMPUTER
► Bidang Pendidikan
Penggunaan
komputer sebagai alat pembelajaran dikenali sebagai CBE (Computer Based
Education). Menurut pendapat Robert Taylor, peranan komputer dalam
pendidikan dibagi menjadi 3 bagian yaitu TUTOR, TOOL dan TUTEE. Sebagai
TUTOR, komputer berperanan sebagai pengajar melalui pendekatan
pengajaran berbantukan komputer. Sebagai TOOL, komputer menjadi alat
untuk memudahkan proses pengajaran dan pembelajaran seperti konteks
pengajaran berintergrasikan komputer. Komputer juga dugunakan untuk
melakukan pengolahan data proses pembelajaran, seperti pengolahan data
nilai siswa, penjadwalan, beasiswa, dan sebagainya. Sebagai TUTEE
komputer berperanan sebagai alat yang diajar, dan bisa melakukan Tanya
jawab atau dialog dengan komputer yang biasa disebut dengan CAI
(Computer Assist Instruction).
Sebagai misal, komputer memberi
kemudahan dalam mencari dan menghasilkan bahan-bahan pembelajaran yaitu
dengan adanya perpustakaan elektronik (e-library) atau buku elektronik
(e-book). Dengan adanya Internet kita bisa mencari koleksi perpustakaan
berupa buku-buku, modul, jurnal, paper, majalah, surat kabar, dan
sebagainya. Bahkan kita juga bisa melakukan pembelajaran jarak jauh
melalui internet yang dikenal dengan elektronic learning (e-learning).
Bahkan saat ini di beberapa negera telah menerapkan pembelajarannya
lewat internet atau semacam universitas terbuka. Kita bisa belajar lewat
buku-buku atau modul yang disajikan secara menarik dan selain bentuk
teks dan gambar juga bisa audio-visual yang diberikan lewat internet,
atau bahkan secara video conference (teleconference).
► Bidang Industri dan Manufaktur
Di
bidang industri, komputer dipergunakan untuk mengontrol mesin-mesin
produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical
Contor) pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided
Manufacture), CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk merancang bentuk
(desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau
pabrik, misal sebuah mesin serba guna dalam industri metal. Banyak pula
mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer,
misalnya melakukan pewarnaan, membuat border, dan sebagainnya. Selain
itu industri modern saat ini juga memanfaatkan robot yang secara
otomatis melakukan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang
dikontrol oleh komputer yang tidak mungkin dikerjakan manusia. Contohnya
tangan robot dikontrol oleh komputer digunakan untuk memasang
komponen-komponen renik dan chip-chip pada motherboard komputer,
memasang komponen-komponen pada perangakat elektornik seperti televisi,
radio/tape, dan lain sebagainya. Bahkan merakit kendaraan, mobil, motor,
atau alat-alat berat lain telah dikontrol oleh komputer.
► Bidang Bisnis dan Perbankan
Di
bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer akan sangat
penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidentil
dan menyediakan informasi dengan cepat dan tepat.Sistem Informasi
Manajemen (SIM) / Management Information system (MIS), merupakan sistem
informasi yang sudah banyak diterapkan pada perusahaan yang bergerak
bidang perdagangan barang dan jasa baik pada perusahaan besar, menengah,
bahkan perusahaan kecil. Di perusahaan dagang seperti department store,
telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi
dengan kontrol komputer sehingga mesin tersebut dapat dikontrol oleh
pihak manajer hanya dari ruangan kerjanya secara cepat dan tepat, untuk
scanning barcode kode barang dagangan, menghitung rugi laba, inventori
dan sebagainya.
Di bidang perbankan, telah memperkenalkan solusi
core banking, seperti Finacle, yang memberikan solusi bagi bank yang
ingin melakukan layanan finansial. Penghitungan keuangan, bunga, layanan
keuangan seperti e-banking, e-cash, ATM, dan sebagainya merupakan
contoh konkrit yang selama ini banyak digunakan di perbankan.
► Bidang Teknik dan Ilmu Pengetahuan
Komputer
sangat bermanfaat untuk perhitungan-perhitungan yang sulit dan
membutuhkan presisi tinggi yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia.
Ini biasanya digunakan untuk keperluan penelitian dan riset. Para ahli
biasanya akan mengadakan simulasi dengan komputer sebelum menguji coba
sesungguhnya dari hasil temuannya, misalnya membuat model reaktor
nuklir, membuat model-model atom dan molekul. Komputer juga bisa
digunakan untuk bidang ilmu pengetahuan alam misalnya mempelajari
keadaan struktur tanah, keadaan angin, cuaca, dan sebagainya.
Dalam
bidang bioteknologi, peralatan-peralatan kultur telah banyak yang
dilengkapi dengan kontrol komputer untuk mengusahakan ketelitian kerja
pada ruang steril. Pada bidang teknik sipil komputer digunakan untuk
menghitung presisi dan kekuatan kunstruksi bangunan, bidang arsitektur
komputer digunakan untuk mensimulasi gambar-gambar ruang secara tiga
dimensi.
► Bidang Penerbangan dan Kemiliteran
Di
bidang penerbangan dan luar angkasa komputer digunakan untuk mengontrol
kendali pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat,
mengontrol panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan
kecepatan. Komputer juga digunakan untuk mengontrol pesawat ruang
angkasa baik dengan awak maupun tanpa awak ke planet dan mempelajari
keadaan dan isi planet.
Dibidang militer komputer digunakan untuk
mengendalikan senjata atau peluru kendali. Untuk navigasi kapal laut
dan kapal selam, untuk melakukan simulasi peperangan, dan melakukan
pengiriman sandi-sandi rahasia militer.
► Bidang Kedokteran
Di
bidang kedokteran komputer sangat berperan untuk menolong jiwa manusia,
dan riset bidang kedokteran. Komputer digunakan untuk mendiagnosa
penyakit, menemukan obat yang tepat, menganalisa organ tubuh manusia
bagian dalam yang sulit dilihat. Sistem CAT (Computerized Axial
Tomography) untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh
organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X. Sedangkan
untuk yang bergerak menggunakan sistem DSR (Dynamic Spatial
Reconstructor), yaitu melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh.
SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography), merupakan sistem
komputer yang mempergunakan gas radiokatif untuk mendeteksi
partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentu gambar. Bentuk lain
adalah PET (Position Emission Tomography) juga merupakan sistem
komputer yang menampilkan gambar yang mempergunakan isotop radioaktif.
Selain itu NMR (Nuclear Magnetic Resonance), yaitu teknik mendiagnosa
dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen. Saat
ini telah ada temuan baru yaitu komputer DNA, yang mampu mendiagnosis
penyakit sekaligus memberi obat.
► Bidang Kriminalitas
Komputer
dapat digunakan untuk Crime analaisis Support system, yaitu sistem
pendukung keputusan bidang kriminalitas. Polisi dapat mempelajari fakta
dan mengambil kesimpulan dengan cepat dan tepat, misalnya mendeteksi
pelanggaran lalu lintas, melakukan sidik jari, dan sebagainya. Sistem
komputer lain yang digunakan untuk bidang kriminalitas adalah :
PROMIS
(Prosecutor-Offender management Information System), yang dapat
memberikan informasi mengenai masalah-masalah kriminalitas mana yang
paling penting dan dapat memberikan informasi mengenai bukti-bukti dari
tertuduh untuk dibawa ke pengadilan.
CATCH
(Computer-Assisted Terminal Criminal Hunt), menyediakan informasi
mengenai deskripsi secara mendetail dari orang-orang yang dicurigai dan
akan tampil di layer komputer
MOTION
(Metropolitan Orleans Total Information Online Network), menyediakan
informasi tentang orang-orang yang pernah terlibat kejahatan berupa data
pribadi, nama samaran, sidik jari, dan foto dari berbagai sudut.
ARJIS (Automated Reginal Justice Information System), menyediakan informasi sidik jari dan tingkah laku pelaku kriminal.
► Bidang Entertainment dan Games
Saat
ini komputer tidak saja digunakan pada bidang-bidang pekerjaaan dan
penelitaian saja. Namun banyak yang digunakan untuk bidang entertainment
dan permainan (games).
Bidang entertainment misalnya untuk
pembuatan animasi, periklanan, settting, bahkan untuk bermain musik. Di
bidang Permainan komputer bisa digunakan untuk permainan (games) tiga
dimensi (3D) dilengkapi dengan audiovisual yang menarik dan memberikan
special efect. Bahkan kita dapat bermain dengan teman dalam satu
komputer. Atau kita bermain dengan lawan dari komputer itu sendiri,
misalnya bermain catur dan kartu.
► Bidang Komunikasi Jaringan Global (Internet)
Dengan
adanya komunikasi jaringan global pada komputer yang biasa disebut
dengan internet, rasanya manusia yang menggunakan internet seolah bisa
“menggengam dunia”. Segala sesuatu yang dibutuhkan tersedia pada
internet baik yang gratis maupun membayar. Dengan internet manusia bisa
melakukan komunikasi data teks, gambar, video, suara, bahkan komunikasi
audiovisual secara langsung.
Pengguna internet bisa mencari
informasi apa saja yang dibutuhkan misalnya ; informasi berita, sekolah,
buku dan perpustakaan, kencan dan perjodohan, belanja atau pembayaran
on-line, chatting, memutar radio, video, musik, bermain games,saling
menukar informasi dan data (mail), konsultasi dan Tanya jawab, pooling,
periklanan, dan bahkan merusak komputer orang lain dari jarak jauh,
pesan kamar hotel, tiket pesawat, dan sebagainya.
► Bidang Pemerintahan
Hampir
setiap perkantoran suatu instansi pemerintahan telah menggunakan
komputer. Penggunaannya mulai sekedar untuk mengolah data administrasi
tata usaha, pelayanan masyarakat (public services), pengolahan dan
dokumentasi data penduduk, perencanaan, statistika, pengambilan
keputusan, dan lain sebagainya.
E-Government adalah penggunaan
teknologi informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara Pemerintah
dan pihak-pihak lain. Penggunaan teknologi informasi ini kemudian
menghasilkan hubungan bentuk baru seperti: G2C (Government to Citizen),
G2B (Government to Business Enterprises), dan G2G (inter-agency
relationship). Bahkan saat ini dengan adanya e-government, komputer
memiliki peran yang sangat penting bagi pemerintah untuk melakukan
sosialisasi berbagai kebijakan, melakukan pemberdayaan masyarakat,
termasuk kerjasama antar pemerintah, mayarakat, dan pelaku bisnis,
memperkenalkan potensi wilayah dan pariwisata, dan sebagainya.
Dimungkinkan
bahwa teknologi informasi dalam masa yang akan datang akan digunakan
untuk pengambilan keputusan politik, misalnya untuk pemilihan umum
(E-voting) Selain itu masyarakat bisa menyampaikan aspirasi secara
langsung kepada para eksekutif dan legislative pemerintah melalui e-mail
atau elektronik forum melalui web yang dibangun pemerintah setempat
Kemampuan Komputer
Kecepatan
akses data dalam sebuah operasi komputer dinyatakan dalam satuan
seperti Millisecond (ms), Microsecond (ms), Nanosecond (ns), Picosecond
(ps). Satuan Picosecond (ps) merupakan satuan waktu yang paling cepat
dalam sebuah akses komputer.
Komputer
juga memiliki satuan kapasitas penyimpanan ingatan (memory) yang bisa
dinyatakan seperti table 1.2. dibawah. Saat ini penyimpanan luar seperti
harddisk telah diproduksi dengan kapasitas memori ratusan GB
(GegaByte).
►
Keunggulan-keunggulan komputer seperti disebutkan diatas tidak
semata-mata bahwa manusia kalah dengan kemampuan komputer. Bila
dilakukan pembandingan kemampuan komputer dengan manusia bisa dilihat
dalam table 1.3 dibawah ini.
Perkembangan Gaya Komputasi
Gaya
komputasi (Computing Style) dapat didefinisikan sebagai perkembangan
gaya-gaya komputasi yang terjadi pada suatu masa tertentu. Berdasarkan
analisis yang dilakukan oleh Gartner Group, gaya-gaya komputasi terbagi
menjadi Punch-Card Computing, Mainframe/Midrange Computing,
Client/Server), dan Internet/Network Computing. Secara skematis
gaya-gaya tersebut dapat dilihat pada gambar dibawah ini
Karakteristik Komputer
► Komputer tidak mempunyai perasaan atau emosi, sehingga komputer dalam melakukan aktifitasnya akan bersifat statis.
►
Komputer mampu menyimpan data yang besar dan dalam waktu yang lama,dan
sifat data yang disimpan bersifat dinamis, diamana sewaktu-waktu data
dapat dilakukan perubahan dan pembaharuan jika dikehendaki.
►
Komputer bisa melakukan pengurutan dan pencarian dalam waktu yang
singkat dalam hitungan detik bahkan milidetik meskipun jumlah data
sangat besar. Bahkan pengurutan dengan komputer bisa dilakukan secara
menaik (ascending) atau pengurutan menurun (descending) dalam waktu
sekejap.
► Komputer mampu mengolah data perhitungan yang besar
dengan cepat dan akurat. Perhitungan aritmatika, logika, dan perhitungan
apapun bisa dilakukan dengan presisi yang mendekati seratus persen
kebenarannya. Komputer yang berkembang saat ini dalam perhitungan
aritmatik komputer sanggup melakukan perhitungan sampai jutaan triliun
dengan angka desimal yang bisa dikatakan tak terhingga.
► Komputer juga. mampu menerima dan mengeluarkan data atau informasi yang besar dalam waktu yang cepat.
Keterbatasan Komputer
►
Tidak bisa berpikir secara dinamis, seperti manusia. Manusia berpikir
akan diikuti atas perasaan dan naluri yang bisa menimbulkan reaksi
senang, sedih, dan sebagainya, sehingga dalam pengambilan keputusan
manusia mendasarkan pada pikiran dan perasaan (hati), sedangkan komputer
hanya berdasarkan perhitungan saja.
► Pekerjaan yang dilakukan
komputer bisa mengurangi tenaga kerja manusia, akibatnya banyak tenaga
manusia yang tidak terpakai, sehingga banyak timbul pengangguran.
►
Data yang tersimpan dalam komputer memiliki resiko yang lebih tinggi,
karena dimungkinkan bisa diambil atau disadap oleh pengguna lain
(hacker), meskipun telah diberi pelindung program atau password. Seperti
terjadinya pemalsuan transaksi seperti di perbankan dan pembobolan
kartu kredit.
0 komentar:
Posting Komentar