Rabu, 27 Juni 2012

Fungsi RAM Dan Jenis-Jenis Type RAM


Fungi RAM sebagai memory atau tempat penyimpanan data sementara. RAM adalah komponen yang digunakan dalam perangkat untuk tujuan penyimpanan. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data yang diperlukan Processor dengan sangat cepat untuk diolah menjadi informasi. Data yang disimpan dalam RAM dibaca dalam bentuk semburan. Tergantung pada cara data yang dikelola, Pada dasarnya chip RAM diklasifikasikan. Menjadi  dua jenis utama yaitu:
  • RAM Statis atau SRAM
  • RAM Dynamis atau DRAM
Jenis-Jenis RAM diberi nama sesuai dengan teknologi yang di gunakan. Di bawah ini Macam-macam RAM dan kepanjangan dari istilah yang disesuaikan dengan teknologinya
  1. SDRAM – Synchronous Dynamic Random-Access Memory
  2.  DDR SDRAM – Double Data Rate Synchronous Dynamic Random-Access-Memory
  3. DDR2 SDRAM – Double Data Rate Type Two Synchronous Dynamic Random-Access Memory
  4. DDR3 SDRAM – Double Data Rate Type Three Synchronous Dynamic Random-Access Memory
  5. DDR4 SDRAM – Double Data Rate Type Four Synchronous Dynamic Random-Access Memory
  6. DRDRAM – Direct Rambus Dynamic Random-Access Memory
  7. PSRAM – Pseudostatic Random-Access Memory
  8. RLDRAM – Reduced-Latency Dynamic Random-Access Memory
  9. EDO DRAM – Extended Data Out Dynamic Random-Access Memory
  10. SGRAM – Synchronous Graphics Random-Access Memory
  11. FPM DRAM – Fast Page Mode Dynamic Random-Access Memory

Fungsi RAM STATIS (Static Random-Access Memory) & Jenis-Jenisnya

Fungsi RAM statis atau SRAM, untuk menyimpan data dalam bit menggunakan bistable flip-flop. Setelah data ditulis dalam SRAM, data disimpan  dan tidak harus refresh sesering jenis RAM yang lain. Ada tiga mode di mana sel beroperasi dalam menyimpan data dalam SRAM, yaitu siaga, Membaca dan Menulis. Tidak seperti DRAM, SRAM tidak mengkonsumsi lebih banyak daya. Jenis-jenis RAM Statis dibedakan berdasarkan: Penyimpanan data dan Transistor
Jenis-Jenis  RAM statis berdasarkan Penyimpanan Data:
  • Non-volatile SRAM: Data disimpan, walau ketika power dimatikan, sehingga informasi penting dijamin aman
  • Asynchronous SRAM: Data dapat disimpan dalam kisaran 4KB untuk 64 Mb. Waktu akses cepat, adalah karakteristik utama dari Asynchronous SRAM, dan karena itu digunakan sebagai komponen memori utama pada kebanyakan perangkat elektronik dan embedded system.
Jenis-Jenis RAM statis berdasarkan Transistor
  • Bipolar Junction Transistor: digunakan pada perangkat Transistor-Transistor Logic (TTL) and Emitter-Coupled Logic (ECL), menggunakan banyak daya tetapi bekerja sangat cepat
  • Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor (MOSFET): digunakan pada perangkat aplikasi yang berbasis teknologi Complementary metal-oxide-semiconductor (CMOS).
Jenis-Jenis RAM statis berdasarkan Fitur
  • Quad Data Rate SRAM: Dalam satu siklus clock lengkap, dua kata data yang ditransfer. Terpisah I/O bus (jaringan yang menghubungkan semua perangkat dan chip dalam komputer) digunakan untuk membaca dan menulis data.
  • DDR SRAM: Umum I/O bus yang digunakan untuk transfer data dan clock tunggal digunakan untuk mengontrol input dan output data.
Jenis-Jenis RAM statis berdasarkan Flip-Flop
  • SRAM biner: terdiri dari transistor masker dan latch.
  • SRAM ternary:  dirancang menggunakan 8 transistor atau 14 transistor.
Penggunaan SRAM:
  • Komputer
  • Mikroprosesor
  • Digital Signal Processing (DSP) sirkuit
  • Layar LCD dan printer
  • Hard disk dan buffer router
  • Kamera digital
  • Synthesizer
  • Ponsel

Fungsi RAM Dinamis –DRAM Dan Jenisnya

Fungsi RAM yang utama adalah membantu Processor dalam penyediaan data yang sangat cepat”. Fungsi RAM layaknya seperti HDD Digital, karena semua komponen RAM sudah berteknologi digital. Dengan RAM, maka Processor tidak perlu menunggu kiriman data dari HDD. Dibawah ini jenis-jenis RAM dinamis (DRAM) yang umum digunakan sebagai Piranti komputer:
SDRAM
Perubahan input ditanggapi dan diproses dengan SDRAM 1. Hal ini karena Ini synchronous interface, yang mensinkronkan dengan sistem bus komputer dan pengoperasinya diaktifkan oleh sinyal clock input.
DDR SDRAM
DDR 2 SDRAM adalah Integrated Circuit (IC), yang menyimpan data, di komputer. Sinyal clock yang digunakan dalam DDR SDRAM lebih efisien daripada yang digunakan dalam SDRAM, sehingga transfer data dibuat lebih cepat. DDR SDRAMinterface menggunakan apa yang disebut sebagai proses pemompaan ganda, yang berarti bahwa data yang ditransfer baik pada tepi atas dan ke bawah dari sinyal clock. Kecepatan transfer data dari DDR SDRAM adalah 1.600 megabyte per detik. Hal ini digunakan dalam komputer dan ponsel.
DDR2 SDRAM
DDR23 SDRAM adalah  penerus dari DDR SDRAM. Konsumsi daya DDR2 SDRAM lebih sedikit dibandingkan dengan pendahulunya dan memiliki kecepatan bus data yang tinggi. satu perbedaan antara DDR2 SDRAM dan DDR SDRAM, kecepatan clock pendahulunya adalah setengah dari chip yang terakhir.  Kecepatan maksimum transfer Data DDR2 SDRAM adalah 3.200 megabyte per detik.
DDR3 SDRAM
Dibandingkan dengan pendahulunya, DDR3 SDRAM 4 memberikan bandwidth yang tinggi, kecepatan transfer data yang tinggi dll Kecepatan transfer data dari RAM ini adalah 6.400 megabyte per detik, merupakan dua kali lipat dari DDR2 SDRAM. Konsumsi daya dari DDR3 SDRAM adalah 30% lebih rendah dari DDR2 SDRAM.
DDR4 SDRAM
Ini adalah bandwidth yang untuk interface generasi selanjutnya, yang sedang dikembangkan dan diharapkan dapat di luncurkan pada 2012. Beberapa manfaat yang diharapkan dari DDR4 5 SDRAM adalah kecepatan transfer data tinggi, tegangan input rendah, rentang frekuensi clock yang tinggi.
DRDRAM
DRDRAM 6 atau RDRAM adalah jenis SDRAM yang dikenal untuk latensi tinggi, heat output,  kompleksitas, dan kinerja rendah dibanding dengan harga yang tinggi. Hal ini digunakan dalam kontrol video game dan kartu video.
PSRAM
PSRAM 7 menawarkan manfaat dan fungsi RAM gabungan dari DRAM (High Density) dan SRAM (kemudahan penggunaan), memiliki built-in refresh dan address-control circuit yang sangat mirip dengan SRAM, digunakan dalam sistem embedded seperti produk Apple.
RLDRAM
Type RAM ini terutama digunakan dalam jaringan Komputer dan caching aplikasi. Aplikasi tingkat tinggi yang melibatkan Fungsi RAM ini dalam operasi membaca / menulis. RLDRAM menyediakan akses acak dengan bandwidth tinggi.
EDO DRAM
EDO DRAM 9 juga bisa disebut Hyper Page Mode enable DRAM, memberikan peningkatan kinerja  dengan memungkinkan operasi beruntun  untuk tumpang tindih (overlap) karena fasilitas ini, siklus akses baru dapat dimulai bahkan ketika, output data dari siklus sebelumnya aktif.
SGRAM
SGRAM 10 digunakan dalam adapter grafis dan dapat membuka dua halaman memori pada suatu waktu. Chip ini juga menawarkan masking bit dan menulis blok. SGRAM dirancang untuk tujuan percepatan kinerja tinggi yang terutama digunakan  pada video card.
FPM DRAM
Dengan FPM DRAM11 membaca dan menulis data tidak tertunda karena precharge dan mengakses deretan DRAM. Hal ini meningkatkan kinerja perangkat.
Beberapa bagian dari RAM dapat dipartisi dan digunakan sebagai hard disk drive untuk menyimpan data. Fungsi RAM menyimpan data sementara dan digunakan terutama pada perangkat komputer. Ada banyak macam-macam RAM tergantung dari  cara data yang dikelola. Teknologi RAM yang berkembang sekarang adalah menggabungkan nanotube karbon dengan Teknologi RAM untuk meningkatkan kinerja dan akses data lebih cepat, meskipun data disimpan sementara dan digunakan terutama pada perangkat komputer. Sejak tahun1951, ketika RAM pertama diciptakan dan dipasarkan, teknologinya maju pesat dan beragam jenis-jenis RAM diciptakan. Para ilmuwan, sekarang, bekerja bagaimana menggabungkan nanotube karbon dengan Teknologi RAM untuk meningkatkan kinerja Fungsi RAM.

0 komentar:

Poskan Komentar